Thursday 11 June 2015

Peter Yan, Seorang Supir Taksi Lulusan Jerman

Jakarta, belakangan ini dunia maya seolah-olah dikejutkan oleh seorang sosok supir taksi bernama Peter Yan.  Peter Yan merupakan salah satu lulusan dari Technische Hochschule Darmstadt, Jerman, dalam bidang  civil engineering angkatan tahun 1977 


“Saya memang kuliah di Technische Hochschule Darmstadt, Jerman, bidang civil engineering. Lulus tahun 1977,” ujar Peter yang masih mengenakan seragam kerjanya warna biru di kantor Express Group, Jl Sukarjo Wiryopranoto nomor 11, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat lalu.
Peter mengakui bahwa ia menyelesaikan studinya di Jerman selama 10 tahun, yakni  pada tahun 1977-1987. Ia juga mengaku, bahwa pada saat kuliah di Jerman, ia mengalami kesulitan untuk memenuhi biaya hidup disana. “Kuliah disana gratis, tapi saya mengambil kerja sampingan. Cari duit untuk biaya hidup di sana, jadi lama kuliah saya,” kata Pak Peter sambil tertawa.
Pria berdarah Kupang, Nusa Tenggara Timur ini pun mengaku sudah pernah mencoba berbagai macam pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidupnya di Jerman. Mulai dari menjual koran hingga menjadi asisten dosen.



“Tahun 1991, saya dan dua orang teman saya sudah bikin desain busway persis seperti yang digunakan saat ini” kata pria yang sudah sejak 6 bulan menjadi supir taksi. Namun menurut Pria 58 tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum berminat menggunakan desain yang telah diajukan. Pria kelahiran 22 September 1957 lalu ini mengaku bahwa ia juga terlibat dalam pembuatan desain beberapa jalan layang di Jakarta.
Peter Yan supir taksi yang ternyata seorang dosen

Tidak hanya itu, Pak Peter juga membantu dalam pembuatan desain pembangunan ribuan rumah pasca gempa yang mengguncang Aceh pada tahun 2004 silam. Saat ini, Pak Peter masih tercatat sebagai salah satu dosen di kampus swasta bonafit di Jakarta, yakni Universitas Tarumanegara untuk program Pasca Sarjana
.
“Saya dosen tamu saja di sana (UNTAR). Ngajar mata kuliah Water and Transportation” kata Pak Peter dengan rendah hati. Walaupun menurut ia hanya dosen tamu, Pak Peter Nampak lumayan aktif di universitas tersebut. Dalam website resmi Universitas Tarumanegara, http://www.untar.ac.id, mengatakan bahwa Pak Peter Yan pernah mengisi diskusi panel yang bertajun “Jakarta Urban Movement (Flow-Behavior-Network)” sebagai Panelis.


No comments:

Post a Comment